Wednesday, September 2, 2020

Teks Cerita Fantasi "SEPASANG SAUDARA PENYIHIR"

Setelah kalian memelajari pengertian teks cerita fantasi dan struktur teks cerita fantasi, silahkan baca teks cerita fabtasi di bawah ini.

Bacalah teks berikut dengan seksama!

SEPASANG SAUDARA PENYIHIR 

Disebuah desa yang sangat damai, hiduplah dua saudara yang mempunyai kekuatan sihir. 
Mereka yang bernama Alucard dan Roger adalah seorang saudara, tetapi mempunyai watak yang sangat berbeda. 
Alucard mempunyai sifat yang sangat sombong dan angkuh, dan Roger adalah penyihir yang sangat baik hati. 
Alucard mempunyai kekuatan sihir yag jauh lebih banyak dibandingkan dengan adiknya Roger dan selalu sombong dan memamerkanya. 
Alucard yang merupakan kakak dari Roger selalu mengingatkan kepada kakaknya agar tidak selalu memamerkan kekuatanya kepada yang dan tidak untuk menggunakan sihirnya dengan sembarangan. 
Tetapi Alucard selalu mengelak dan mengatakan kepada Roger iri dengan kekuatanya. Sikap dari Alucard semakin menjadi-jadi. Semua barang yang ada didekatnya diubah semua menjadi batur termasuk juga binatang ternak yang dimiliki oleh keluarganya.
Roger selalu menasehati sang kakak tetapi Alucard tetap keras kepala dan tidak mendengarkanya dan terus merasa dirinya sangatkuat dan hebatkarena bisa mengubah apa saja yang didekatnya menjadi batu. 
Ada salah satu benda yang berada didekatnya belum dirubah yaitu cermin. Alucard lalu membaca mantra untuk mengubah cermin tersebut menjadi batu tetapi mantranya berbalik kearahnya. 
Mantera tersebut ternyata langsung memantul ke arahnya sendiri. 
Alucard akhirnya berubah menjadi batu karena mantranya sendiri. 
Melihat keadaan dari sang kakak tersebut, Roger langsung memberitahukan kepada guru sihirnya dan meminta bantuan kepadanya untuk bisa mematahkan mantra sihir dari kakak sendiri. 
Ternyata sang guru tidak bisa membantu karena mantra tersebut sifatnya abadi dan hanya bisa diubah oleh orang yang membacakan mantera jadi batu tersebut. 
Akhirnya Alucard menjadi batu selamanya karena tidak ada yang bisa melawan dari sihirnya sendiri. 


Setelah kalian membaca dan mencermati teks cerita fantasi di atas silahkan selanjutnya jawablah pertanyaan di bawah ini.

A. Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks di atas!
  1. Apakah teks cerita di atas termasuk teks narasi? Jelaskan!
  2. Sebutkan ciri-ciri teks cerita fantasi di atas disertai bukti yang mendukung!
  3. Analisislah struktur teks cerita fantasi di atas!

0 komentar:

Post a Comment